Minggu, 08 Januari 2012

tugas 6 ekonomi koperasi ( Suci Dina P, 27209046)

Koperasi Serba Usaha (KSU) Baliem Arabika berupaya meningkatkan standar nilai jual kopi arabika.-

          Koperasi Serba Usaha (KSU) Baliem Arabika yang memiliki visi-misi dan tujuan untuk mewujudkan salah satu program Nasional yaitu pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan melalui pengembangan Kopi Arabika bersertifikasi organic dengan standar Export guna meningkatkan standar nilai jual ditingkat petani, agar petani memiliki posisi yang kuat untuk dapat memasarkan hasil. 
          Saat ini Koperasi Serba Usaha Baliem Arabika, dengan dukungan dari USAID-AMARTA lewat program Papua Agriculture Development Alliance (PADA) melakukan pengembangan kopi arabika Organic yang berstandar Internasional mulai dari pembudidayaan hingga proses penyediaan biji kopi siap export. Demikian dikemukakan Pimpinan KSU Baliem Arabika Selion Karoba kepada RRI di Wamena (7/3). Dikatakan, KSU Baliem Arabika dengan dukungan USAID-AMARTA-PADA, telah melakukan pelatihan budidaya pertanian kopi organic di enam Kabupaten penghasil Kopi Pegunungan Tengah Papua yang meliputi, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Tolikara, Yahukimo dan Yalimo guna mendidik petani mengenai cara dan budidaya kopi arabika mulai dari pembibitan, budidaya sampai pada pasca panen. 
          Menurut Selion Karoba, beberapa hal penting yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar mutu kopi menjadi lebih baik adalah, Pemetikan, pengupasan, Fermentasi, Pencucian, Penjemuran dan penyimpanan. Sehingga KSU Baliem Arabika telah dan akan menyalurkan bantuan berupa peralatan panen seperti ember, Loyang, karung dan terpal untuk beberapa titik pengambilan Kopi Arabika didaerah ini.-(Jamonter S).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar