Jumat, 07 Januari 2011

PeRnIkAhAn BeRbEdA aGaMa.....

memang menjadi permasalahan yang sangat kompleks, karena ini menyangkut mempersatukan dua orang yang berbeda keyakinan untuk melakukan pernikahan dan membangun rumah tangga yang notabennya bertujuan untuk kebahagiaan dan keharmonisan dalam hubungan rumah tangga.
           
Namun perbedaan agama atau keyakinan dan tidak adanya salah satu pihak yang mengalah untuk mengikuti agama pasangannya inilah yang menjadi problematika dan efek dari perbedaan agama ini juga akan mempengaruhi kelangsungan dan kelanggengan berumah tangga kelak yang berimbas kepada keturunan.

Dalam hukum Islam, Jelas dinyatakan bahwa pernikahan beda agama adalah diharamkan dan bagi yang umat islam yang melanggarnya dan nekat untuk melakukannya maka akan terjebak dalam perzinahan sepanjang pernikahannya tersebut. Maka dari itu sebisa mungkin memang dianjurkan untuk menikah dengan yang satu agama saja. Kendalanya adalah bagaimana jika si dua orang tersebut saling mencintai dan ingin melanjutkan hubungan mereka ke jenjang pernikahan sementara pasangannya tidak mau masuk agama Islam?..

Pertanyaan tersebut sampai sekarang yang menjadi polemik bagi kedua pasangan berbeda agama dan memiliki kefanatikan terhadap agama yang dianutnya. Namun yang jelas, ada juga pasangan seperti salah satu pasangan artis Indonesia yang melakukan pernikahan beda agama tapi hingga sekarang langgeng karena adanya saling menghormati antar agamanya dan tenggang rasa satu sama lain.

Yang jelas menurut saya sendiri, pernikahan beda agama adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan karena bagaimanapun kebahagiaan yang kita dapat dalam pernikahan tersebut hanyalah semu karena pada akhirnya kita menanggung dosa besar yang senantiasa tidak diampuni oleh Allah SWT.

NB :
Bagi pasangan beda agama yang ingin melakukan pernikahan, sebaiknya mampu berpikir terlebih dahulu secara bijaksana dengan pertimbangan yang matang atas konsekuensi yang akan ditanggung nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar